logo

 

Written by Agung Dwi Andriyatmoko on . Hits: 203

Shalat Berjamaah dan Kultum Perdana dengan Physical Distancing di Pengadilan Agama Purworejo

PURWOREJO, pa-purworejo.go.id - Shalat berjamaah merupakan anjuran yang ditekankan oleh Rasulullah ketika melaksanakan shalat lima waktu. Bahkan dalam shalat Jumat, wajib hukumnya dilakukan secara berjamaah. Banyak keutamaan yang didapatkan jika seorang muslim melakukan shalat secara berjamaah. Di antaranya seperti dalam hadis berikut: Dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah bersabda: "Shalat berjamaah melampaui shalat sendirian dengan (memperoleh) 27 derajat," (HR. Bukhari).

penyerahan sajadah pa purworejo

Sementara itu, menyempurnakan shaf merupakan salah satu hal utama dalam melakukan shalat berjamaah. Sebab, shaf yang tidak teratur bisa menghilangkan keutamaan shalat berjamaah. Munculnya pandemi virus corona di Indonesia mengharuskan semua orang untuk menjaga jarak fisik atau physical distancing. Pasalnya, kerumunan massa dapat memudahkan penyebaran virus yang bermula disebut menyebar di Kota Wuhan itu. Akibatnya, pelaksanaan shalat berjamaah di masjid-masjid ditiadakan, tidak terkecuali shalat tarawih di bulan Ramadhan tahun ini. Jika ada masjid yang tetap melaksanakan shalat berjamaah pun, mereka menerapkan aturan physical distancing yang ketat.

penyerahan sajadah pa purworejo 2

Dalam suasana new normal akibat Corona Virus Diesesie-19 (COVID-19), Pengadilan Agama Purworejo memulai sholat berjamaah dengan protocol kesehatan Corona Virus Diesesie-19 (COVID-19), dan penerapan 3 M, (mencuci tangan dengan bersih, menjaga jarak, dan memakai masker). Kegiatan sholat berjamaah juga diukuti "kultun" kuliah 7 menit pada setiap hari Rabu bakda shalat ashar. Kuliah perdana diisi oleh K.H. Dr. Agus Yunih, S.H., M.H. selaku narasumber yang juga dilakukan sesuai protokol kesehatan.

sholat berjamaah pa purworejo

Kegiatan Kultum diawali dengan pemberian "Sajadah" untuk seluruh pegawai atau sejumlah 36 buah yang disampaikan secara simbolis melalui "Takmir Musholla" Nurul Hikmah. Hal ini dilakukan, karena dalam sholat berjamaah diwajibkan membawa sajadah masing-masing dan diajurkan untuk tidak menggunakan karpet musholla.

sholat berjamaah pa purworejo 2

Dalam ceramahnya yang dipandu oleh Yusuf Subhi, Agus Yunih menyampaikan pentingnya menjaga kebersamaan, persaudaraan dan menghiasi kehidupan dunia ini dengan berbagai kebaikan. Menurutnya, kehidupan dunia ini terkadang hanya sebagai permainan dan senda gurau bahkan terkadang mampu melupakan kehidupan akhirat. Bermewah-mewahan tanpa memperhatikan agam sering berujung pada bencana dan mushibah dan akan semakin menjauhkan kepada Allah SWT.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua takmir H. Sururi beserta pengurus H. Sarno dan Turmiati, Drs. Ali Sofwan, Panitera Bp. Irawan Hari Waluyo, SH dan sekretaris Nani Rokhimah, SH., muadzin Hendro Buwono dan jamaah sholat ashar. (Humas/and)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Purworejo Kelas I B

Jl. Pahlawan No. 5 Purworejo, Jawa Tengah 54171
Tlp./Fax (0275) 323180

Email PA Purworejo :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Kepaniteraan / (*Relaas) :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi Kantor location pin

Tautan Aplikasi