logo

 

Idul Fitri 2020

gugatan mandiri

Written by Agung Dwi Andriyatmoko on . Hits: 229

Ketua Pengadilan Agama Purworejo Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I. Didampingi Nani Rokhimah, S.H. (Sekretaris) dan Drs. Muh. Uzair (Panitera), Menggelar Rapat Terbatas Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

rapat terbatas tanggap covid 19 pa purworejo

PURWOREJO, pa-purworejo.go.id - Pemerintah kembali meminta masyarakat untuk melakukan pembatasan komunikasi secara social, untuk mencegah penularan Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona, yang secara massif telah megancam sendi-sendi kehidupan social, ekonomi dan kkesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Juru bicara Pengadilan Agama Purworejo, Drs. H. Ali Sofwan dengan didampingi Satgas Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) Nani Rokhimah, S.H. dan Drs. Muh. Uzair, menyatakan untuk pencegahan penyebaran COVID-19 mutlak wajib dilakukan sebagaimana Surat Edaran Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Selama Masa Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Di Lingkungan Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Yang Berada Di Bawahnya.

Pengadilan Agama Purworejo hari ini tanggal 23 Maret 2020 pukul 09.00 WIB telah menggelar rapat terbatas yang dihadiri unsur pimpinan, para Hakim, Panitera, Sekretaris dan Pejabat Struktural guna merumuskan regulasi teknis pelaksanaan surat edaran Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia tersebut.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I., Ketua Pengadilan Agama Purworejo selaku pembina Satuan Gugus Tugas Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) di Pengadilan Agama Purworejo. Rapat terbatas ini sifatnya penting karena Mahkamah Agung Republik Indonesia sangat serius meminta agar memutuskan mata rantai dan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Setelah mendengar masukan dan usulan peserta rapat terbatas, atas pelaksanaan tindak lanjut Surat Edaran Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Selama Masa Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Di Lingkungan Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Yang Berada Di Bawahnya, maka demi keamanan, kenyamanan dan keselamatan Pegawai dan Pengunjung disamping didasarkan pada perkembangan kondisi sat ini di Kabupaten Purworejo dalam kondisi status "Siaga Penuh", maka telah diambillangkah-langkah sebagai berikut sebagai berikut :

  1. Jam Kerja Pengadilan Agama Purworejo mulai tanggal 24 Maret 2020 s.d 5 April 2020 untuk sementara menjadi pukul 08.00 s.d. 14.00 WIB.
  2. Hakim dan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagian bekerja di kantor dan sebagian lagi bekerja di rumah (Work From Home) dengan perbandingan sekitar 50% : 50% dan dalam penjadwalan setiap hari harus ada Pejabat Struktural Level 1 dan 2 agar penyelenggaraan layanan peradilan dan layanan lainnya tidak terhambat, sedangkan untuk persidangan pengadilan agar mempedomani Surat Edaran Mahkamah Agung Republik Indonesia tersebut.
  3. Bekerja di rumah merupakan kegiatan melaksanakan tugas kedinasan termasuk administrasi persidangan yang memanfaatkan Aplikasi e-Court, pelaksanaan persidangan dengan menggunakan aplikasi e-litigation, kordinasi, pertemuan dan tugas kedinasan lainnya.
  4. Presensi masuk/pulang Hakim dan Aparatur Sipil Negara (ASN) secara manual, untuk sementara tidak menggunakan Fingerprint Attendance Machine.
  5. Kegiatan Apel Senin Pagi dan Jumat Sore untuk sementara ditiadakan sampai ada pemberitahuan berikutnya;
  6. Dalam melaksanakan pelayanan pengadilan, para petugas agar mengenakan masker dan menjaga jarak aman dengan para pengunjung pengadilan (social distancing), dan cuci tangan dengan menggunakan handsanitaizer atau "air bersih mengalir".
  7. Untuk meminimalisir terinfeksi COVID-19 agar senantiasa menjaga kebersihan alat-alat kantor dan lingkungan kantor dengan menyediakan :
    a. Hand sanitizer yang ditempatkan di setiap pintu masuk kantor dan ruang pelayanan publik.
    b. Wastafel pencuci tangan yang ditempatkan di pintu masuk ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ruang Tunggu Sidang.
    c. Alat pendeteksi suhu badan (infrared thermometer) sebagai pendeteksi awal dan pencegahan penyebaran COVID-19 bagi Hakim, ASN dan pengunjung yang ditempatkan di pintu masuk.
  8. Bagi Hakim dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengalami kondisi sakit batuk, pilek demam dan sesak napas dan/atau memiliki riwayat interaksi dengan pihak atau lingkungan terkonfirmasi terjangkit COVID-19 dapat diberikan izin tidak masuk kantor oleh pimpinan/atasannya.
  9. Dalam bekerja agar memperhatikan pengaturan jarak aman antara pegawai, pengunjung pengadilan dan jarak aman antar peserta rapat pada saat berlangsungnya pertemuan (social distancing) dengan cara disematkan/dipasang symbol-symbol.
  10. Bagi Hakim dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melakukan Work From Home harus senantiasa siaga apabila sewaktu-waktu diminta untuk kembali ke kantor pada hari dan jam kerja untuk tugas yang bersifat mendesak dan harus hadir secara fisik.
  11. Petugas Satuan Pengamanan (SATPAM) dan petugas Cleaning Service bertugas sebagaimana biasa, dengan penjadwalan.
  12. Mengintruksikan Sekretaris Pengadilan Agama Purworejo selaku Gugus Tugas Penanganan dan penanggulangan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), melakukan langkah-langkah penting dan sosialisasi baik dalam bentuk lisan, bentuk banner dan symbol-symbol untuk dipasang ditempat-tempat strategis yang bisa dilihat dan dibaca masyarakat pencari keadilan khususnya maupun masyarakat umum.
  13. Himbauan ini berlaku sampai dengan tanggal 5 April 2020 dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan.

Rapat berakhir jam 10.30, dan ditutup secara resmi oleh Pimpinan Rapat.

(And/Humas)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Purworejo Kelas I B

Jl. Pahlawan No. 5 Purworejo, Jawa Tengah 54171
Tlp./Fax (0275) 323180

Email PA Purworejo :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Kepaniteraan / (*Relaas) :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi Kantor location pin

Tautan Aplikasi