logo

 

Written by Agung Dwi Andriyatmoko on . Hits: 88

BPS Kabupaten Purworejo Sosialisasikan Sensus Penduduk 2020 di Pengadilan Agama Purworejo

sosialisasi ap2020 pa purworejo

PURWOREJO, pa-purworejo.go.id - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Purworejo melakukan sosialisasi perubahan metodologi Sensus Penduduk (SP) 2020 kepada Warga Pengadilan Agama Purworejo.

"Kami ucapkan selamat datang kepada Tim BPS Kabupaten Purworejo ke Pengadilan Agama Purworejo, Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan pengetahuan kepada warga PA Purworejo tentang sensus penduduk 2020", ujar Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I. Ketua PA Purworejo.

Kepala BPS Purworejo pada sosialisasi SP 2020 di ruag rapat Pengadilan Agama Purworejo, Rabu (26/02/2020) menyampaikan "Ada beberapa inovasi yang belum dilakukan pada sensus sebelumnya, yaitu dengan metode kombinasi, dengan memanfaatkan data administrasi kependudukan dari Kementerian Dalam Negeri, tujuannya untuk menyambut satu data kependudukan,".

bps purworejo di pa purworejo ap2020

Ia mengatakan teknologi terbaru dalam tahapan pengumpulan data pada SP 2020 ini memanfaatkan perangkat ponsel dan internet dengan metode sensus penduduk online dan sensus penduduk wawancara.

Sensus penduduk 2020 merupakan sensus penduduk ke tujuh yang dilakukan Indonesia sejak pertama kali melakukan sensus 1961. yang dilaksanakan dalam periode sepuluh tahun sekali. Adapun sensus kali ini, BPS berusaha untuk memenuhi tiga prinsip dasar ABC yakni accurate, benchmark, dan comprehensive. BPS bakal menggunakan teknologi geospasial sebagai kerangka dalam pengumpulan data.

Lebih lanjut, ia menuturkan, dalam pencacahan data, BPS menggunakan tiga jenis yakni PEPI (pencil and paper interview), CAPI (computer assisted personal interview), CAWI (computer assisted web interview) serta ada juga registrasi penduduk bekerja sama dengan Dukcapil.

"SP 2020 berhadapan dengan isu privasi yang makin dominan, kepercayaan masyarakat, dan waktu luang yang sulit ditemui. Masyarakat semakin individualis, tidak seperti di tahun 1990-an, mereka menyambut antusias kalau ada petugas BPS yang datang untuk sensus," jelas nya.

SP2020 dilaksanakan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk menuju Satu Data Kependudukan Indonesia. SP2020 harus diimplementasikan juga untuk mewujudkan Register Based Census (data registrasi penduduk yang berdasarkan sensus) sesuai rekomendasi PBB, sampling frame Survei Sosial Ekonomi BPS, data parameter demografi (fertilitas, mortalitas, dan migrasi), serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk, indikator SDGs, dan sebagai perencanaan dan evaluasi pembangunan.

kpa purworejo agus yunih sp2020 agus yunih bps purworejo sensus penduduk 2020

Oleh karena itu, SP2020 kali ini menggunakan Metode Kombinasi yang memadukan penggunaan data registrasi penduduk yang dikumpulkan Disdukcapil dan lapangan dengan tujuan mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia. (And/Humas)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Purworejo Kelas I B

Jl. Pahlawan No. 5 Purworejo, Jawa Tengah 54171
Tlp./Fax (0275) 323180

Email PA Purworejo :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Kepaniteraan / (*Relaas) :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi Kantor location pin

Tautan Aplikasi