logo

 

Written by Agung Andri on . Hits: 64

Pengawasan dan Pembinaan oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Semarang di Pengadilan Agama Purworejo

PURWOREJO, pa-purworejo.go.id - Hari Rabu tanggal 13 Nopember 2019 Pengadilan Agama Purworejo kedatangan Hakim Tinggi Pengawas Daerah dari Pengadilan Agama Semarang Sunarto, S.H., M.H. yang disambut oleh Wakil Ketua PA Purworejo, didampingi Panitera dan Sekretaris.

Kedatangan Hakim Tinggi Pengawas Daerah tersebut dalam rangka melakukan pengawasan rutin di Pengadilan Agama Purworejo yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja Pengadilan Agama Purworejo sebagai Satuan Kerja yang berada dibawah Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Semarang, sehingga tercipta suatu Peradilan yang Agung sebagaimana yang dicita-citakan dan terprogram dalam Blue Print MA-RI 2010 s/d 2035.

Pengawas kemudian langsung menuju ke Kantor Pengadilan Agama Purworejo guna melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan mengenai Management Peradilan, Administrasi Perkara Pidana & Perdata, Administrasi Persidangan Pidana & Perdata, Administrasi Umum, Pelayanan Publik dan Penerapan SIPP (IT) dan 9 Aplikasi Inovasi Badilag. Pemeriksaan dilaksanakan selama 1 hari penuh dan dilanjutkan dengan pembinaan.

Bertempat diruang sidang Utama Ketua Pengadilan Agama Purworejo, Dr. Agus Yunih, S.H., M.H. melaporkan bahwa dalam pelaksanaan tugas di Pengadilan Agama Purworejo telah dilaksanakan dengan baik dimana seluruh pejabat baik fungsional dan Struktural telah melakukan pengawasan secara intern baik pengawasan secara melekat maupun pengawasan fungsional sesuai dengan bidang tugas yang telah diberikan masing-masing dan juga pengawasan yang telah dilakukan oleh Hakim pengawas bidang.

Selanjutnya Hati Wasda PTA Semarang Sunarto, S.H., M.H. menyampaikan hasil pengawasannya bahwa pada umumnya semua tugas telah dilaksanakan dengan baik, pelaksanaan administrasi di Pengadilan Agama Purworejo sudah bagus dan mengapresiasi kinerja aparat Pengadilan Agama Purworejo walaupun ada ditemukan sedikit temuan-temuan diantaranya mengenai perkara yang sudah masuk dalam laporan bulanan dan dilaporkan sudah minutasi namun ternyata perkara tersebut belum ditanda tangani oleh Hakim anggota, kemudian dari register perdata ditemukan ada kolom-kolom yang masih kosong yaitu mengenai kolom mediasi. Pengawas berharap agar temuan temuan tersebut untuk segera dilengkapi dan dibenahi dan berpesan agar kinerja yang telah berjalan selama ini dipertahankan dan ditingkatkan untuk kedepannya sehingga apa yang menjadi Visi dan Misi Mahkamah Agung dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan dapat tercapai.

Saya sangat apresiasi atas kinerja PA Purworejo hamper diberbagai bidang telah terlaksana dengan baik, bahkan banyak inovasi yang dilakukan di intern PA Purworejo disamping melaksanakan inovasi badilag. Selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Purworejo menyampaikan agar setiap pegawai Pengadilan Agama Purworejo Agama Purworejo untuk dapat menjadikan pedoman dan segera menindaklanjuti apa yang menjadi temuan dan arahan Hakim Tinggi Pengawas dari Pengadilan Agama Semarang.

Diakhir pemaparannya Sunarto, S.H., M.H. menyampaikan terima kasih atas kesediaannya menerima dengan baik Tim Pengawasan dari Pengadilan Agama Semarang dalam melaksanakan tugas pengawasan dan acara diakhiri dengan foto bersama. (Humas)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Purworejo Kelas I B

Jl. Pahlawan No. 5 Purworejo, Jawa Tengah 54171
Tlp./Fax (0275) 323180

Email PA Purworejo :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Kepaniteraan / (*Relaas) :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi Kantor location pin

Tautan Aplikasi