logo

 

Written by Agung Dwi Andriyatmoko on . Hits: 51

Analisis Mekanisme Layanan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) di PA

Oleh M. Chusnul Huda, S.H.I. (Hakim pada Pengadilan Agama Nanga Pinoh)

Hambatan utama bagi masyarakat kurang mampu terkait hukum tidak hanya pada masalah keuangan untuk mengakses Pengadilan. Ada hal lain yang perlu menjadi sorotan yakni minimnya pengetahuan mereka terhadap masalah hukum ketika harus membawa perkaranya di pengadilan. Dalam mengajukan perkara ke Pengadilan, masyarakat kurang mampu sering kali menghadapi aturan hukum yang terkesan kaku dan prosedural. Ada konsekuensi yang harus diterima mereka jika permohonan atau gugatan yang diajukan tidak sesuai dengan aturan hukum yakni ditolaknya permohonan atau gugatan karena tidak memenuhi prosedur hukum.

Negara Indonesia telah menjamin hak setiap orang atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum sebagaimana dinyatakan dengan tegas dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 D (1). Penjabaran atas jaminan ini tertuang dalam berbagai Undang-undang dan peraturan yang berkaitan dengan akses masyarakat terhadap hukum dan keadilan.

Sebagai pelaksanaan amanat undang-undang dan rujukan dalam menjamin optimalisasi akses masyarakat miskin untuk memperoleh bantuan hukum di Pengadilan Agama/Mahkamah Syar‘iyah maka diperlukan suatu pedoman pemberian bantuan hukum khususnya terkait prosedur dan mekanisme permohonan perkara prodeo, sidang keliling dan Pos Bantuan Hukum. Pedoman tersebut tertuang dalam Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 1 tahun 2014 tentang pedoman pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu di pengadilan dan Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag) Nomor 0508.a/DjA/HK.00/III/2014 Tentang petunjuk teknis pelaksanaan perma No.1 Tahun 2014.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Purworejo Kelas I B

Jl. Pahlawan No. 5 Purworejo, Jawa Tengah 54171
Tlp./Fax (0275) 323180

Email PA Purworejo :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Kepaniteraan / (*Relaas) :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi Kantor location pin

Tautan Aplikasi