logo

 

Written by Agung Dwi Andriyatmoko on . Hits: 32

Urgensi Penyusunan Draf Konsep Sebagai Upaya Mewujudkan Berita Acara Sidang (Bas) Berkualitas Di Pengadilan Agama

Oleh : Adeng Septi Irawan, S.H.

Berita Acara Sidang (BAS) merupakan bagian terpenting dalam penyusunan suatu Putusan yang baik dan berkualitas. Sehingga, dalam penyusunan Berita Acara Sidang dituntut untuk sebaiknya-baiknya sesuai dengan aturan, baik formiil maupun materiil. Sehingga benar-benar didapatkan Berita acara Sidang yang berkualitas.

Seringkali, pembuatan Berita Acara Sidang (BAS) yang dilakukan oleh Panitera Pengganti jauh dari harapan yang selama ini diharapkan oleh para pimpinan Mahkamah Agung. Beberapa ditemukan Berita Acara Sidang (BAS) yang tidak sesuai dengan kondisi riil jalannya persidangan. Padahal, Berita Acara Sidang (BAS) adalah representasi tertulis dari jalannya proses persidangan di Pengadilan. Tentu Substansinya pun juga harus menjelaskan secara rinci dan tepat sasaran mengenai jalannya persidangan.

Guna menunjang pelaksanaan tugas Pengadilan Agama, Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Ditjen Badilag MARI mengakomodasi dan menginventarisasi permasalahan tersebut. Kemudian dilaksanakan program penyusunan Standar Format Berita Acara Sidang (BAS) dan Putusan Pengadilan Agama. Setelah melewati proses yang cukup Panjang dalam penyusunan dan juga melibatkan para pimpinan Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama selesailah standar baku tersebut. Sehingga keluarlah standar baku Pedoman Format BAS dan Putusan Pengadilan / Mahkamah Syar'iyah yang dikeluarkan oleh Dirjen Badilag Mahkamah Agung pada tahun 2014.

Mahkamah Agung sebagai salah satu Lembaga Yudikatif di Indonesia, dimana ada empat lingkungan peradilan di bawah Mahkamah Agung, diantaranya: Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Tata Usaha Negara, dan Peradilan Militer (pada semua tingkatan peradilan) memiliki bagian Kepaniteraan yang melekat di dalamnya.1 Sehingga menjadi suatu keniscayaan manakala Panitera pengganti sebagai fungsional bagian Kepaniteraan tak dapat menjalankan tugasnya secara profesional dan berorientasi kualitas hasil.

Penggunaan standar baku ini bertujuan untuk mendorong setiap unit kerja di lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya untuk menggunakan Standar baku tersebut. Selain itu, hal yang jauh lebih penting adalah mereka bisa menerapkannnya dengan baik secara praktek saat membuat Beita Acara Sidang.

Untuk diketahui, saat ini semua Pengadilan Agama dibawah lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Badilag) tengah berusaha dalam meraih peringkat aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) menuju yang terbaik, Atinya, Pengadilan Agama tengah berlomba-lomba dalam menerapkan dengan baik program one day minute dan one day publication.

Guna menggapai hal tersebut penyusunan draf konsep erita Acara Sidang menjadi hal yang penting adanya. Karena sejauh ini draf konsep putusan bisa mewujudkan program one day publish (satu hari publikasi putusan). Berkaca pada hal itu, tentu Berita Acara Sidang pun juga bisa dilakukan demikian, artinya Panitera Pengganti sebelum sidang melakukan konsep Berita Acara Sidang terlebih dahulu agar hasil Berita Acara Sidang yang didapatkannya pun berkualitas tidak asal-asal dan asal jadi saja.

Mengenai hal tersebut, kemudian dijadikan bahan untuk membuat paper dengan Judul "Urgensi Penyusunan Draf Konsep sebagai Upaya Mewujudkan Berita Acara Sidang (BAS) Berkualitas di Pengadilan Agama". Sehingga, diharapkan ke depan setiap Panitera Pengganti di Pengadilan Agama bisa menerapkan penyusunan draf konsep Berita Acara Sidang sebelum sidang dilaksanakan.

baca artikel selengkapnya

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Purworejo Kelas I B

Jl. Pahlawan No. 5 Purworejo, Jawa Tengah 54171
Tlp./Fax (0275) 323180

Email PA Purworejo :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Kepaniteraan / (*Relaas) :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi Kantor location pin

Tautan Aplikasi