Tata Cara Pengaduan

Pengaduan 0

Tata Cara Pengaduan di Pengadilan Agama Purworejo

 

Sebagai bagian dari proses benah diri Pengadilan Agama Purworejo untuk mewujudkan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pengadilan Agama Purworejo berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat, terkait dengan pengaduan ketidakpuasan terhadap kinerja dan pelayanan yang diberikan oleh Pengadilan Agama Purworejo dan bertanggungjawab untuk melakukan proses terhadap dugaan pelanggaran terhadap peraturan / ketentuan pemerintahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik pasal 3 berbunyi, tujuan undang – undang tentang pelayanan publik adalah :

  1. Terwujudnya batasan dan hubungan yang jelas tentang hak, tanggung jawab, kewajiban dan kewenangan seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik ;
  2. Terwujudnya sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang layak sesuai dengan asas – asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik;
  3. Terpenuhinya penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan peratuan perundang – undangan; dan
  4. Terwujudnya perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat dalam penyelenggaran pelayanan publik;

 

Cara Penyampaian Pengaduan

A. Secara Lisan

  1. Melalui telepon (0275) 323180 , yakni pada saat jam kerja mulai pukul 07.30 s/d 16.00 WIB
  2. Datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Purworejo.

B. Secara Tertulis

  1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Purworejo, dengan cara diantar langsung, dikirim melalui facsimile (0275) 323180, atau melalui pos ke alamat kantor di Jalan Pahlawan Nomor 5 Purworejo 54171
  2. Melalui e-mail : info@pa-purworejo.g.id dikirim dengan subjek “PENGADUAN” atau melalui form “PENGADUAN ONLINE” dengan klik tautan ini : www.pa-purworejo.go.id/web/form-pengaduan
  3. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan.

C. Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Agama Purworejo

  1. Pengadilan Agama Purworejo akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.
  2. Pengadilan Agama Purworejo akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.
  3. Pengadilan Agama Purworejo akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis.
  4. Pengadilan Agama Purworejo hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor.

 

 

 

Informasi SMS Perkara
Rate this article!
Tata Cara Pengaduan,5 / 5 ( 1votes )