Smart Court Concept, Peradilan Jaman Now di Era Disruption

Artikel Peradilan 0

Smart Court Concept, Peradilan Jaman Now di Era Disruption
Oleh Sahram (Calon Hakim Pengadilan Agama Pringsewu)

Kalau kita berbicara tentang sistem peradilan Indonesia saat ini dan tantangan yang dihadapinya, maka hal pertama yang menjadi pertanyaannya adalah mampukah peradilan Indonesia melakukan inovasi? Seperti perubahan teknologi informasi, kebijakan, dan lain sebagainya agar kinerja dan pelayanan bisa maksimal? Jawabannya adalah mampu dan bisa!

Dimana ada kemauan disitu ada jalan, itulah peribahasa yang penuh motivasi untuk berubah sesuai tuntutan zaman, dan ini adalah sebuah keniscayaan apalagi sekarang sudah memasuki era digital yang mana kalau kita tidak segera berinovasi maka kita akan tergilas dan ketinggalan.

Mahkamah Agung dalam menyikapi hal ini sejak jauh-jauh hari sudah bersiap yaitu dengan membuat Cetak Biru (Blue Print) Mahkamah Agung pada tahun 2003 kemudian dilanjutkan dengan Cetak Biru (Blue Print) Mahkamah Agung pembaruan peradilan 2010-2035.

Dalam Blue Print MA ke dua 2010-2035 ini tertuang visi dari Mahkamah Agung yaitu “Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung”. Visi ini secara ideal dapat diwujudkan melalui usaha-usaha yang dituangkan dalam blue print MA 2010-2035 itu sendiri yaitu antara lain mewujudkan sebuah badan peradilan yang modern dengan berbasis teknologi informasi (TI) terpadu.

Mahkamah Agung dalam usaha-usaha mewujudkan sebuah badan peradilan yang modern tersebut telah melakukan pe-modernisasi-an pelayanan dengan instrumentasi teknologi informasi seperti info perkara dan direktori putusan, case tracking system (CTS), SIADPA, SIPP, SIADPA MILTUN dan lain-lainnya.

Dan inovasi dari Mahkamah Agung yang terbaru adalah aplikasi Elektronik Court (E-Court). Peluncuran aplikasi yang penuh inovasi ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara Di Pengadilan Secara Eektronik. Dikeluarkannya Perma ini dalam rangka merespon aspirasi masyarakat terkait modernisasi penyelenggaraan peradilan.

Kemudahan dan keuntungan yang dapat dirasakan masyarakat dari aplikasi E-Court ini adalah ke-efisiensi-an dalam proses administrasi berperkara di pengadilan, baik efisiensi waktu, biaya maupun tenaga. Dan kedepannya Mahkamah Agung akan terus mengembangkan inovasi-inovasi baru sebagai bentuk komitmen memberikan pelayanan yang terbaik dan prima kepada masyarakat, serta tidak menutup kemungkinan Mahkamah Agung akan mengembangkan/mengadopsi Konsep Smart Court.

baca artikel selengkapnya

 

 

Tags:
Informasi SMS Perkara