PA Purworejo Terima Pendaftaran Perkara Melalui e-Court

Ketua Pengadilan Agama Purworejo Drs. H. Zamroni Rosadi, S.H., M.H. (kanan) meresmikan penggunakan e-Court di Pengadilan Agama Purworejo. (3/1/2019)

PURWOREJO, pa-purworejo.go.id – Ketua Pengadilan Agama Purworejo Drs. H. Zamroni Rosadi, S.H., M.H. meresmikan sekaligus melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi e-Court di Pengadilan Agama Purworejo. Launching yang dilaksanakan pada Kamis 3/01/2019 dihadiri juga oleh Pimpinan Cabang BRI Purworejo selaku partner penyedia layanan e-Court dan perwakilan advokat.

Secara spesifik di lingkungan Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, pengaktifan e-Court sudah harus dilaksanakan paling lambat tanggal 31 Desember 2018. Keharusan ini tertuang dalam Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor: 329/DJA/HM.02.3/XI/2018 Tentang perintah pengaktifan e-Court Mahkamah Agung RI untuk seluruh Pengadilan Agama /Mahkamah Syari’ah.

Kalau penerapan e-Court ini betul-betul berjalan secara maksimal, maka sangat memudahkan masyarakat pencari keadilan karena mereka sudah tidak perlu lagi datang di Kantor Pengadilan untuk mendaftar dan membayar perkaranya, cukup mendaftar dan membayar secara oneline. Begitu pula untuk Jurusita cukup menyampaikan panggilan secara oneline. Walaupun untuk tahap awal ini, yang bisa mengakses baru dibuka ruangnya untuk advokat yang telah terdaftar, tetapi kita meyakini bahwa ke depan pasti ruangnya akan dibuka secara luas untuk masyarakat pencari keadilan karena aplikasi ini akan berkembang secara terus menerus. Untuk itu, teman-teman dari Advokat supaya dapat mendalami secara komprehensip aplikasi ini dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Demikian ditegaskan oleh Ketua Pengadilan Agama Purworejo.

Aplikasi e-court merupakan pelaksanaan dari Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik di Pengadilan. Aplikasi ini, sebagaimana disampaikan Ketua Mahkamah Agung, terdiri dari tiga fitur utama, yakni pendaftaran perkara (e-filing), pembayaran panjar uang perkara (e-payment) dan penyampaian pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik (e-summons).

Setelah e-Court resmi dapat digunakan di Pengadilan Agama Purworejo, salah satu dari perwakilan advokat di Kabupaten Purworejo mendemonstrasikan pendaftaran secara online.

 

 

Tags: