Informasi SMS Perkara

Kejujuran Sebuah Keniscayaan Bukan Pilihan

Artikel Peradilan 0

Kejujuran Sebuah Keniscayaan Bukan Pilihan
Oleh Dr. Amran Suadi S.H., M.Hum., M.M.

Menurut kamus jujur adalah lurus hati atau tindakan yang tulus dan ikhlas. Menurut saya jujur itu bukan sekedar teori tapi haruslah merupakan tindakan nyata yang di amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa harus jujur?
Jujur adalah sikap yang diekspresikan dengan ucapan, perbuatan sehingga akan terhindar dari kesalah pahaman, menyakiti perasaan orang lain dan membuang-buang waktu dan energi mental dengan percuma.

Untuk berlaku jujur memang tidak mudah, ada rasa malu, takut atau gengsi namun kita harus lawan semua itu dengan berniat dan berbuat jujur. Katakanlah sejujurnya walaupun pahit, jujur adalah pilihan terbaik walaupun tidak “nge-trend”.

Ada 6 manfaat jika kita selalu jujur yaitu :

  1. Perasaan dan hati tenang.
  2. Mendapatkan keberkahan dalam usahanya.
  3. Mendapat pahala seperti pahala orang syahid di jalan Allah SWT.
  4. Selamat dari bahaya.
  5. Dijamin masuk syurga.
  6. Dicintai Allah dan Rasulnya.

Jujur merupakan sifat terpuji, kita diminta untuk jujur dengan Allah, dengan sesama dan diri sendiri. Nabi bersabda : “Senantiasalah kalian jujur karena sesungguhnya kejujuran itu membawa pada kebajikan dan kebajikan membawa kedalam surga.”

Jujur bermakna keselarasan antara ucapan dengan kenyataan yang ada. Kejujuran ada pada ucapan, juga ada pada perbuatan lawannya dusta dan munafik. Nabi bersabda : “Sesungguhnya kejujuran membawa pada kebajikan”. Dengan kejujuran akan membawa orang tersebut mencapai derajat orang yang mulia dan selamat dari segala keburukan. Kejujuran senantiasa mendatangkan berkah.

Dalam kehidupan sehari-hari orang-orang yang berbuat jujur rezekinya lancer, hidupnya tenang.

Macam – macam jujur :

  1. Jujur dalam niat dan kehendak.
  2. Jujur dalam ucapan.
  3. Jujur dalam tekad dan memenuhi janji.
  4. Jujur dalam perbuatan atau tindakan.
  5. Jujur dalam kedaulatan Agama.

Orang yang selalu berbuat kebenaran dan kejujuran niscaya ucapan, perbuatan dan keadaannya selalu menunjukkan hal tersebut.

Ada 5 keutamaan hidup jujur :

  1. Jujur akan mengantarkan ke surga.
  2. Jujur akan melahirkan ketenangan.
  3. Jujur disukai semua orang.
  4. Jujur akan mengantarkan pelakunya pada derajat yang tinggi.
  5. Jujur akan mendatangkan keberkahan hidup.

Kejujuran adalah salah satu nilai terpenting dan paling mendesak yang harus dimiliki setiap orang. Dalam sistem yang cenderung korup, orang jujur membuat orang lain merasa tidak aman dan merasa terancam sehingga ingin menyingkirkan orang jujur tersebut.

Untuk itu marilah kita mulai hidup jujur, terapkan keberanian untuk berpikir, bertindak dan berbicara jujur dari sekarang. Jujur adalah langkah pertama untuk memerangi KORUPSI. Anak muda yang anti korupsi akan membawa perubahan luar biasa bagi Indonesia.

Didalam perjalanan hidup ini kejujuran merupakan sebuah kartu identitas yang dapat diandalkan. Orang yang jujur walaupun berada ditempat manapun, pada waktu apapun akan dengan tulus hati menghadapi segala masalah, tidak ada penyesalan, tidak ada rasa takut, dapat hidup dengan tenang, rileks dan aman.

Kesimpulan

  1. Kejujuran itu bukan hal yang sulit tetapi soal mau berbuat jujur dari sekarang atau tidak, tapi kejujuran merupakan keniscayaan dan bukan sebuah pilihan antara berbuat jujur atau tidak.
  2. Untuk menjadi hakim atau panitera adalah sebuah pilihan tapi ketika menjadi hakim atau panitera yang jujur adalah suatu keniscayaan,kalau tidak harus berhenti atau penjara.

 

Daftar bacaan

  • Al Qur’an dan terjemahannya.
  • Fiqhussunnah
  • Lembaga Budi oleh Buya Hamka.
  • Tasawuf modern oleh Buya Hamka.

sumber : badilag.net
Kumpulan Artikel Hukum Lainnya

 

 

 

Tags:
Informasi SMS Perkara