BAWAS : “Kami Ingin Memastikan Apa Yang Menjadi Ketentuan MA, Sampai di Satker Tingkat Pertama”

Berita PA Purworejo 0

PURWOREJO, pa-purworejo.go.id – Tepat sesaat apel pagi Senin 12/02 akan dimulai, Tim Bawas (Badan Pengawas) Mahkamah Agung RI tiba di Pengadilan Agama Purworejo. Kedatangan tim pengawas yang diketuai Dr. Khaeril R., M.H. ini membawa 3 Anggotanya yaitu Endang Lestari, S.H., M.Kn. (Hakim Yustisial), IGLN Sidemen Putra, S.E. (Kasub. Bag. Perlengkapan) dan Betty Kurnianingtyas, S.Kom. (Auditor Kepegawaian).

Usai pelaksanaan apel pagi, Tim pengawas disambut oleh Ketua Pengadilan Agama Purworejo Drs. H. Zamroni Rosadi, S.H., M.H. kemudian dilaknjutkan dengan pemeriksaan menyeluruh pada objek-objek pemeriksaan (obrik) yang menjadi sasaran atau target.

Pemeriksaan menyeluruh yang dimaksud mulai dari aspek-aspek dalam manajemen peradilan dan pelayanan publik, administrasi perkara dan kepaniteraan sampai pengelolaan keuangan DIPA, pengelolaan asset negara termasuk masalah SDM dan kedisiplinan aparatur pengadilan.

Sesuai jadwal, pemeriksaan dilaksanakan mulai hari Senin – Rabu (12-14) Februari 2018.

Pada hari terakhir pengawasan (Rabu, 14/2), beberapa temuan sudah disiapkan oleh Tim Bawas untuk disampaikan dalam ekspose. Tepat pukul 13.15 WIB seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Purworejo sudah berkumpul di ruang sidang utama untuk mengikuti ekspose.

Ketua Tim Dr. Khaeril R., M.H. nampaknya berhasil membawa suasana ekspose menjadi hangat dan bersahabat. Hal ini terlihat dari penyampaian hasil temuan yang sistematis, tajam dan menyeluruh itu ditampilkan dengan gaya bahasa yang simpatik, penuh empati dengan sikap arif dan bijaksana.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kedatangan Bawas bagi setiap satker, seringkali mendapat perhatian lebih dari pegawai. Dari mulai kedatangan yang tiba-tiba tanpa pemberitahuan hinga harus menyiapkan data yang diminta oleh Tim Bawas. Ya, memang memberikan pengalaman tersendiri bagi setiap pegawai.

“Kami hanya ingin memastikan apa yang menjadi ketentuan Mahkamah Agung, sampai dan dilaksanakan di Satker tingkat pertama”, ungkap Ketua Tim Bawas.

Sebelum mengakhiri ekspos Ketua Tim menitipkan pesan agar keluarga besar PA Purworejo tetap optimis mengemban tugas dengan selalu menjaga marwah dan martabat Mahkamah Agung dan Pengadilan Agama menuju Peradilan yang Agung di Kabupaten Purworejo dan dimanapun berada.

 

 

 

Tags:
Informasi SMS Perkara