logo

 

Written by Agung Andri on . Hits: 334

Prosedur Pengajuan dan Biaya Perkara

 

Prosedur Beracara di Pengadilan Agama Purworejo

Pendaftaran Perkara

  1. Pihak berperkara datang ke Pengadilan Agama dengan membawa surat gugatan atau permohonan.
  2. Pihak berperkara menghadap petugas meja pertama dan menyerahkan surat gugatan atau permohonan, minimal 2 (dua) rangkap. Untuk surat gugatan ditambah sejumlah tergugat.
  3. Petugas meja pertama (dapat) memberikan penjelasan yang dianggap perlu berkenaan dengan perkara yang diajukan dan menaksir panjar biaya perkara yang kemudian ditulis dalam Surat Kuasa untuk membayar (SKUM). Besarnya panjar biaya perkara diperkirakan harus telah mencukupi untuk menyelesaikan perkara tersebut didasarkan pada pasal 182 ayat (1) HIR atau pasal 90 Undangn undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2006 Tentang perubahan atas undang –undang nomor : 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama.
  4. Petugas Meja Pertama menyerahkan kembali surat gugatan atau permohonan kepada pihak berperkara disertai dengan Surat Kuasa Untuk membayar (SKUM) dalam rangkap 3 (tiga).
  5. Pihak berperkara menyerahkan kepada pemegang kas (KASIR) surat gugatan atau permohonan tersebut dan surat kuasa untuk membayar (SKUM).
  6. Pemegang kas menandatangani Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) membubuhkan nomor urut perkara dan tanggal penerimaan perkara dalam Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) dan dalam surat gugatan atau permohonan.
  7. Pemegang kas meyerahkan asli Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) kepada pihak berperkara sebagai dasar penyetoran panjar biaya perkara ke bank.
  8. Pihak berperkara datang ke loket layanan bank dan mengisi slip penyetoran panjar biaya perkara. Pengisian data dalam slip bank tersebut sesuai dengan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM). Seperti nomor urut dan besarnya biaya penyetoran. Kemudian pihak berperkara menyerahkan slip bank yang telah diisi dan menyetorkan uang sebesar yang tertera dalam slip bank tersebut.
  9. Setelah pihak berperkara menerima slip bank yang telah divalidasi dari petugas layanan bank. Pihak berperkara menunjukkan slip bank tersebut dan menyerahkan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) kepada pemegang kas.
  10. Pemegang kas setelah meneliti slip bank kemudian menyerahkan kembali kepada pihak berperkara. Pemegang kas kemudian memberi tanda lunas dalam Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) dan menyerahkan kembali kepada fihak berperkara asli dan tindasan pertama Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) serta surat gugatan atau permohonan yang bersangkutan.
  11. Pihak Berperkara menyerahkan kepada meja kedua surat gugatan atau permohonan sebanyak jumlah tergugat ditambah 2 (dua) rangkap serta tindasan pertama Surat Kuasa Untuk membayar (SKUM).
  12. Petugas Meja Kedua mendaftar/mencatat surat gugatan atau permohonan dalam register bersangkutan serta memberi nomor register pada surat gugatan atau permohonan tersebut yang diambil dari nomor pendaftaran yang diberikan oleh pemegang kas.
  13. Petugas Meja Kedua menyerahkan Kembali 1(Datu) rangkap surat gugatan atau permohonan yang telah diberi nomor register kepada pihak berperkara.

Pendaftaran Selesai
Pihak/pihak – pihak berperkara akan dipanggil oleh jurusita/jurusita pengganti untuk menghadap ke persidangan setelah ditetapkan Susunan Majelis Hakim (PMH) dan hari sidang pemeriksaan perkaranya (PHS).

 

Panjar Biaya Perkara

 WILAYAH RADIUS
 RADIUS WILAYAH KECAMATAN
 Radius I  Banyuurip, Purworejo
 Radius II  Bayan, Gebang, Kutoarjo
 Radius III  Bener, Butuh, Ngombol, Purwodadi, Kemiri, Pituruh, Grabag
 Radius IV  Bagelen, Bruno, Kaligesing, Loano

 BIAYA PERKARA CERAI TALAK
No. Komponen Radius I Radius II Radius III Radius IV
1. Pendaftaran  Rp30.000  Rp30.000  Rp30.000  Rp30.000
2. Administrasi Proses Penyelesaian Perkara  Rp50.000  Rp50.000  Rp50.000  Rp50.000
3. Panggilan Pemohon 3x  Rp195.000  Rp225.000  Rp225.000  Rp285.000
4. Panggilan Termohon 4 x  Rp260.000  Rp300.000  Rp340.000  Rp380.000
5. Hak Redaksi  Rp5.000  Rp5.000  Rp5.000  Rp5.000
6. Materai  Rp6.000  Rp6.000  Rp6.000  Rp6.000
Jumlah  Rp546.000  Rp616.000  Rp686.000  Rp756.000

 BIAYA PERKARA CERAI GUGAT
No. Komponen Radius I Radius II Radius III Radius IV
1. Pendaftaran  Rp30.000  Rp30.000  Rp30.000  Rp30.000
2. Administrasi Proses Penyelesaian Perkara  Rp50.000  Rp50.000  Rp50.000  Rp50.000
3. Panggilan Penggugat 2 x  Rp130.000  Rp150.000  Rp170.000  Rp190.000
4. Panggilan Tergugat 3 x  Rp195.000  Rp225.000  Rp255.000  Rp285.000
5. Hak Redaksi  Rp5.000  Rp5.000  Rp5.000  Rp5.000
6. Materai  Rp6.000  Rp6.000  Rp6.000  Rp6.000
Jumlah  Rp416.000  Rp466.000  Rp516.000  Rp566.000

 BIAYA PERKARA PERMOHONAN (VOLOUNTAIR)
No. Komponen Radius I Radius II Radius III Radius IV
1. Pendaftaran  Rp30.000  Rp30.000  Rp30.000  Rp30.000
2. Administrasi Proses Penyelesaian Perkara  Rp50.000  Rp50.000  Rp50.000  Rp50.000
3. Panggilan Pemohon 2x  Rp130.000  Rp150.000  Rp170.000  Rp190.000
4. Hak Redaksi  Rp5.000  Rp5.000  Rp5.000  Rp5.000
5. Materai  Rp6.000  Rp6.000  Rp6.000  Rp6.000
Jumlah  Rp221.000  Rp241.000  Rp261.000  Rp281.000

 BIAYA PERKARA BANDING
No. Komponen Radius I Radius II Radius III Radius IV
1. Pendaftaran  Rp50.000  Rp50.000  Rp50.000  Rp50.000
2. Pemberitahuan Akta Banding  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
3. Pemberitahuan Memori Banding  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
4. Pemberitahuan Kontra Memori Banding  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
5. Pemberitahuan Inzage bagi Pembanding  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
6. Pemberitahuan Inzage bagi Terbanding  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
7. Biaya Banding  Rp150.000  Rp150.000  Rp150.000  Rp150.000
8. Biaya pemberkasan dan penggandaan  Rp350.000  Rp350.000  Rp350.000  Rp350.000
9. Pemberitahuan Amar Putusan bagi Pembanding  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
10. Pemberitahuan Amar Putusan bagi Terbandin  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
Jumlah  Rp1.005.000  Rp1.075.000  Rp1.145.000  Rp1.215.000

 BIAYA PERKARA KASASI
No. Komponen Radius I Radius II Radius III Radius IV
1. Pendaftaran  Rp50.000  Rp50.000  Rp50.000  Rp50.000
2. Pemberitahuan Akta Kasasi  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
3. Pemberitahuan Memori Kasasi  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
4. Pemberitahuan Kontra Memori Kasasi  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
5. Biaya pemberkasan  ditingkat Kasasi  Rp500.000  Rp500.000  Rp500.000  Rp500.000
6. Biaya pemberkasan dan pengiriman  Rp300.000  Rp300.000  Rp300.000  Rp300.000
7. Pemberitahuan amar putusan kepada Pemohon Kasasi  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
8. Pemberitahuan Amar Putusan kepada Termohon Kasasi  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
Jumlah  Rp1.1750.000  Rp1.225.000  Rp1.275.000  Rp1.325.000

 BIAYA PERKARA PENINJAUAN KEMBALI (PK)
No. Komponen Radius I Radius II Radius III Radius IV
1.  Pendaftaran  Rp200.000  Rp200.000  Rp200.000  Rp200.000
2.  Pemberitahuan Pernyataan Peninjauan Kembali  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
3.  Penyerahan Pernyataan Peninjauan Kembali  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
4.  Penyerahan Jawaban Peninjauan Kembali  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
5.  Biaya Pemberkasan Peninjauan Kembali  Rp2.500.000  Rp2.500.000  Rp2.500.000  Rp2.500.000
6.  Pemberkasan  Rp250.000  Rp250.000  Rp250.000  Rp250.000
7.  Pengiriman berkas  Rp100.000  Rp100.000  Rp100.000  Rp100.000
8.  Pemberitahaun Amar Putusan kepada Pemohon  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
9.  Pemberitahaun Amar Putusan kepada Termohon  Rp65.000  Rp75.000  Rp85.000  Rp95.000
 Jumlah  Rp3.375.000  Rp3.425.000  Rp3.475.000  Rp3.525.000

 BIAYA-BIAYA LAINNYA
No. Komponen Biaya
1.  Pemeriksaan setempat per bidang  Rp750.000
2.  Peletakan Sita per bidang  Rp750.000
3.  Pengangkatan Sita per bidang  Rp750.000
4.  Aanmaning  Rp750.000
5.  Sita Eksekusi per bidang  Rp1.000.000
6.  Eksekusi per bidang  Rp2.000.000
7.  Tabayyun  disesuaikan
8.  Untuk Perkara-perkara lain  disesuaikan

 BIAYA-BIAYA SESUAI PP NO 53 TAHUN 2008 (PNBP)
No. Komponen Biaya
1.  Legalisasi tanda tangan per putusan  Rp10.000,00
2.  Pendaftaran Surat Kuasa  Rp5.000,00
3.  Pembuatan Surat Kuasa Isidentil  Rp5.000,00
4.  Leges per putusan  Rp3.000,00
5.  Memperlihatkan surat yang tersimpan di Kepaniteraan  Rp5.000,00
6.  Penyerahan salinan putusan per lembar  Rp300,00

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Purworejo Kelas I B

Jl. Pahlawan No. 5 Purworejo, Jawa Tengah 54171
Tlp./Fax (0275) 323180

Email PA Purworejo :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Kepaniteraan / (*Relaas) :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi Kantor location pin

Tautan Aplikasi