logo

 

Written by Agung Andri on . Hits: 50

Ketua Pengadilan Agama Purworejo Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I. Menyambut Baik Kunjungan dan Pembinaan tentang Penerimaan Negera Bukan Pajak (PNBP) Oleh Kabag Penerimaan Negara Bukan Pajak Jamaludin, S.H., M.H.

PURWOREJO, pa-purworejo.go.id - Dalam rangka tertib administrasi dan penatausahaan dalam pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Pengadilan Agama Purworejo dapatkan pembinaan dari Badan Urusan Administrasi (BUA) Mahkamah Agung RI pada Rabu (15/10/2019). Pembinaan yang dimulai pada pukul 14.00 WIB tersebut bertempat diruang rapat KPA Purworejo.

Turut hadir diruangan tersebut KPA Purworejo Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I. , Wakil Ketua Uray Gapima Aprianto, M.H. Panitera Drs. Muh. Uzair, sekretaris Nani Rokhimah, S.H., Wakil Panitera H. Imam Musyafa, S.H., Bendahara Penerima Sdr. Dimas Suharto, S.E., bendahara pengeluaran Heni Triwahyuni, kasir terdiri dari Yuni Fitriandayani dan Reni Yuliani, A.Md., Tim IT dan operator Ki Ageng Jaka Lelana, A.Md. dan Yahya Abdillah, A.Md. Sedangkan kegiatan pembinaan disampaikan oleh Kepala Bagian PNBP Jamaludin, SH., M.H. didampingi Kepala Sub Bagian PNBP Peradilan Bp. Jatmiko Hendro Yuwono, S.Kom.

Salah satu tujuan pembinaan tersebut yaitu untuk mendapatkan masukan dari satker tentang pelaksanaan panarikan PNBP dan administrasinya, hal tersebut dimaksudkan dalam rangka izin penggunaan kembali PNBP yang telah disetorkan kepada Menkeu R.I. sehingga ke depan kita dapat menutupi kekurangan anggaran demi mewujudan "Peradilan yang Modern berbasis IT" dan pelayanan kita kepada masyarakan akan semakin baik.

Adapun beberapa saran/rekomendasi yang diberikan dalam pembinaan tersebut yaitu salinan akta cerai tidak boleh dipungut PNPB nya lagi sesuai dengan Undang-Undang No. 30/2014 tentang legalisasi tanda tangan yang tidak bisa dipungut lagi. Biaya uang meja (leges) pertama tidak dipungut PNBP nya tetapi bila leges ke-2 baru dikenakan PNBPnya. Kasir tidak diperbolehkan menyimpan uang terlalu lama setelah instrumen diserahkan dari Panitera Pengganti, sebaiknya langsung diserahkan ke Bendahara Penerimaan.

Bila Bendahara Penerimaan disaat menyetor dan Banknya offline/mengalami gangguan yang mengakibatkan tercatat esok harinya, maka Bendahara Penerimaan membuat berita acara atas gangguan Bank tersebut. Dokumen PNBP wajib diarsipkan dengan tertib, dipisahkan PNBP Umum dan PNBP Fungsional. Dan untuk data SIMARI DIPA 01 wajib diubah dengan tambah data dari SPM.

Diskusi hangat juga terjadi ketika membicarakan tentang PNBP bagi sidang setempat (descente) yang objeknya banyak dan tidak bisa dilakukan dalam satu hari, bahkan nyasar kepada biaya sidang setempat (descente), dimana apapun pengeluaran harus dapat dipertanggung jawabkan. Sedangkan pembayaran PNBP melalui bank itu tidak dipungut Biaya, hanya kita masih kesulitan karena pembayaran ke bank harus melalui teller bank.

Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I. juga menyampaikan kalau PA Purworejo selama ini memiliki Inovasi "BRI LINK" yang merupakan kerjasama antara BRI, Pengadilan Agama Purworejo dan Koperasi, dimana pembayaran biaya perkara bahkan jenis pembayaran apapun dapat dilakukan melalui aplikasi BRI LINK yang tentunya sangat meringankan masyarakat pencari keadilan, karena mereka tidak harus mondar mandir pergi ke Teller Bank, cukup membayar di BRI LINK baik dengan cara kes, melalui kartu atm baik miliknya atau milik orang lain atau milik koperasi atau dalam bentuk transaksi apapun.

Keuntungan lain dari penyediaan loket BRILINK bahkan masyarakat sambil menunggu pendaftaran atau sidang dapat melakukan pembayaran apapun di Loket BRI LINK. Hal ini mendapat sambutan baik dari Pak Jamal selaku Kabag PNBM.

Akhirnya pukul 17.15 WIB acara baru selesai, dan atas nama segenap warga Pengadilan Agama Purworejo Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I. menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan pembinaanya dan mohon maaf atas penyambutan yang kurang berkenan, semoga bermanfaat. (Humas)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Purworejo Kelas I B

Jl. Pahlawan No. 5 Purworejo, Jawa Tengah 54171
Tlp./Fax (0275) 323180

Email PA Purworejo :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Kepaniteraan / (*Relaas) :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi Kantor location pin

Tautan Aplikasi