logo

 

Written by Agung Andri on . Hits: 15

Konsep Dasar Ekonomi dan Keuangan Islam
Oleh: Khoiruddin Hasibuan, Lc, M.A.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan dan pertumbuhan ekonomi dan keuangan Islam kian hari semakin signifikan. Hal ini ditandai dengan banyak indikator. Mulai dari tumbuh dan berkembangnya industri perbankan dan keuangan Islam, diakuinya ekonomi Islam sebagai mazhab ekonomi, menjamurnya perguruan tinggi Islam maupun non Islam dalam mengkaji dan memperdalam ekonomi dan keuangan Islam, penerapan sistem ekonomi dan kuangan Islam dalam sistem moneter dan fiskal suatu negara, berlakunya syariat Islam dalam berekonomi dan terakhir tumbuhnya halal industri dan masih banyak lagi indikator yang menandai tumbuh dan berkembangnya ekonomi dan keuangan Islam.

Indikator-indikator tersebut merupakan sebuah pengakuan bahwa sistem ekonomi dan keuangan Islam merupakan solusi dari terpuruknya sistem ekonomi dan keuangan Dunia sekarang ini. Betapa tidak, sebelum munculnya ekonomi Islam, sistem ekonomi dunia dirasa tidak dapat menjadi solusi atas permasalahan-permasalahan ekonomi yang ada. Sistem ekonomi dan keuangan yang ada dirasa memiliki banyak kekurangan dan ketimpangan, sehingga mau tidak mau, dunia harus mencari solusi alternatif dari sistem ekonomi dan keuangan yang ada.

Ekonomi dan keuangan Islam dirasa lebih berkeadilan dan mampu menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. Hanya saja, Dunia masih tersipu malu untuk mengakui hal tersebut.

Untuk lebih mengenal ekonomi dan keuangan Islam, pada makalah ini akan dijelaskan konsep dasar ekonomi dan keuangan Islam. Pembahasan mengenai konsep dasar ekonomi dan keuangan Islam, mutlak diperlukan sebelum melangkah lebih jauh dalam mengkaji ekonomi dan keuangan Islam. Hal ini guna menggambarkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki sistem ekonomi dan keuangan Islam dibanding sistem ekonomi dan keuangan lainnya. Pembahasan dalam makalah ini meliputi fondasi ekonomi Islam, tujuan penciptaan manusia, falah tujuan hidup di dunia dan pilar-pilar ekonomi dan keuangan Islam.

Fondasi Ekonomi dan Keuangan Islam

Berbicara mengenai konsep dasar ekonomi dan keuangan Islam, maka idealnya adalah berbicara mengenai fondasi dari ekonomi dan keuangan Islam. Hal ini untuk mendapatkan gambaran secara utuh dari mana sumber ekonomi dan keuangan Islam berasal dan supaya dapat memaknai secara mendalam akan karakteristik ekonomi dan keuangan Islam. Ketidaktahuan akan sumber ini akan menyebabkan adanya anggapan bahwa ekonomi dan keuangan Islam merupakan sebuah sistem ekonomi dan keuangan konvensional yang diislamkan atau adanya anggapan bahwa sistem ekonomi dan keuangan Islam memiliki kesamaan dengan sistem ekonomi keuangan lainnya.

Jika kita mengkaji sumber ekonomi dan keuangan Islam, maka sumber yang menjelaskan hal tersebut bersumber dari hadis yang diriwayatkan oleh Umar bin Khattab yang berbunyi :

baca artikel selengkapnya

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Purworejo Kelas I B

Jl. Pahlawan No. 5 Purworejo, Jawa Tengah 54171
Tlp./Fax (0275) 323180

Email PA Purworejo :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Kepaniteraan / (*Relaas) :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi Kantor location pin

Tautan Aplikasi