logo

 

Written by Agung Andri on . Hits: 5

Efektivitas Panitera Pengganti Sebagai Petugas Informasi dan Pengaduan

Oleh Wawan Mulyawan, Lc. (Calon Hakim Pengadilan Agama Tais, Peserta PPC III Pengadilan Agama Kabupaten Malang)

Dalam pandangan sebagian orang, tugas panitera pengganti di pengadilan mungkin hanya terbatas pada, mendampingi hakim dalam persidangan serta mencatat jalannya proses persidangan. Padahal jika kita cermati dan amati lebih jauh, tugas seorang panitera pengganti cukup menentukan dalam sebuah proses persidangan, yang mana dalam hal ini, untuk menghasilkan sebuah putusan yang berkualitas guna memenuhi rasa keadilan bagi para pihak yang beracara di pengadilan. Tanpa adanya peran seorang panitera pengganti dalam sebuah persidangan, akan cukup sulit bagi hakim untuk membuat sebuah pertimbangan dalam putusan
pengadilan yang komprehensif. Sebab, di tangan seorang panitera pengganti, peran hakim sangat terbantu oleh peran panitera pengganti untuk menyusun sebuah pertimbangan putusan yang baik.

Berbicara mengenai panitera pengganti, tentunya kita tidak bisa melepaskan penjelasan mengenai tugas pokok dan fungsi dari panitera pengganti, yang mana sebagaimana diketahui, fungsi dari panitera pengganti itu sendiri adalah sebagai berikut.

  1. Pelaksanaan persiapan penyelenggaraan sidang;
  2. Pelaksanaan pencatatan proses persidangan;
  3. Pelaksanaan penyusunan berita acara sidang;
  4. Pelaksanaan penyatuan berkas perkara secara kronologis/berurutan;
  5. Pelaksanaan penyimpanan berkas perkara sampai dengan perkara diputus dan diminutasi;
  6. Pelaksanaan penyampaian berkas perkara yang telah diminutasi kepada Panitera Muda sesuai dengan jenis perkara untuk diteruskan kepada Panitera Muda Hukum, dan juga terdapat tuga tugas tambahan seperti;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Dalam hal ini, penulis mencoba untuk menyoroti point terakhir pada tupoksi diatas, yakni pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan, terutama tugas yang diberikan oleh pimpinan kepada panitera pengganti sebagai petugas informasi dan pengaduan di lingkungan Pengadilan Agama Kabupaten Malang.

baca artikel selengkapnya

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Purworejo Kelas I B

Jl. Pahlawan No. 5 Purworejo, Jawa Tengah 54171
Tlp./Fax (0275) 323180

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi Kantor location pin

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE